Mulai 1 Agustus 2019, semua aplikasi Anda yang dipublikasikan di Google Play harus mendukung arsitektur 64-bit. CPU 64-bit memberikan pengalaman yang lebih cepat dan lebih interaktif kepada pengguna. Penambahan versi 64-bit untuk aplikasi akan memberikan penyempurnaan performa, membuka peluang inovasi di masa depan, dan membuat Anda siap untuk menerapkan aplikasi pada perangkat yang menggunakan hardware 64-bit.
Panduan ini menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sekarang untuk memastikan bahwa aplikasi 32-bit Anda siap mendukung perangkat 64-bit. Sehingga aplikasi anda dapat diupload di console play.
Penulis membuat artikel ini berdasarkan pengalaman sendiri, awalnya diakhir tahun 2020 penulis mengupload aplikasi ke console play tetapi terjadi error atau ditolak google seperti berikut :
This release is not compliant the Google Play 64-bit reqruitment
The following APKs or App Bundles are available to 64-bit devices, but they only have
32-bit native code: 1000001
Include 64-bit and 32-bit native code in your app. Use the Android App Bundle
publishing format to automatically ensure that each device architecture receives
only the native code it needs. This avoids increasing the overall size of your app.
tentu saja saya langsung mencari tahu apa yang salah dengan aplikasi yang saya buat, padahal secara coding semua berjalan baik saat diinstal di hp.
setelah mencari diberbagai penjuru dunia maya akhirnya penulis menemukan solusinya
berikut yang harus kalian lakukan ketika mengalami hal tersebut :
pertama jika aplikasi anda tidak dibangun dengan platform native anda bisa menambahkan baris ini pada gradle di android studio anda
ndk.abiFilters 'armeabi-v7a','arm64-v8a','x86','x86_64'
sehinggan menjadi seperti berikut :
cara kedua yaitu jika aplikasi anda dibangun dengan platform native anda bisa menggunakan cara berikut :
tambahkan code ini di gradle android studio anda
multiDexEnabled true
ndk.abiFilters 'arm64-v8a'
ndk {
abiFilters 'arm64-v8a'
}
sehingga menjadi seperti berikut :
Komentar
Posting Komentar